14
Mei
08

Anak usia 13 Tahun Koreksi Hitungan NASA

Siapa menyangka dari lomba sains setingkat SMP, seorang anak berusia 13 tahun mengungkap kesalahan pada perhitungan ilmiah yang dilakukan badan antriksa AS (NASA). Anak laki-laki di Jerman itu bahkan mengoreksi estimasi peluang tabrakan asteroid dengan Bumi yang menunjukkan risikonya jauh lebih besar.

Nico Marquardt, demikian nama lengkap anak tersebut, menggunakan hasil rekaman teleskop di Institut Astrofisika di Postdam (AIP), Jerman untuk memperkirakan tabrakan asteroid Apophis ke Bumi. Hasil perhitungannya menunjukkan bahwa peluangnya menabrak Bumi satu berbanding 450.

NASA sebelumnya memperkirakan peluangnya hanya satu berbanding 45.000. Namun, lembaga tersebut membenarkan bahwa hitungan anak tersebut yang lebih tepat. Hal tersebut telah disampikan kepada lembaga mitranya di Eropa, ESA (European Space Agency).

Apophis diperkirakan akan mendekati Bumi hingga jarak 32.500 kilometer pada 13 April 2008. Jalur orbitnya ada kemungkinan berubah jika asteroid tersebut menabrkan salah satu dari 40-000-an satelit yang saat ini mengorbit Bumi.

Marquardt menemukan, risiko asteroid menabrak Bumi lebih tinggi karena ada kemungkinan menabrak salah satu satelit. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 35.880 kilometer bergerak di orbitnya dengan kecepatan 3,07 kilometer perdetik. Jika Apophis menabrak satelit tersebut pada 2029, jalur orbitnya berubah dan berisiko lebih besar menabrak Bumi pada jalur orbit berikutnya tahun 2036.

Baik para peneliti NASA maupun Marquardt sependapat bahwa tabrakan asteroid ke permukaan Bumi akan menghasilkan bola iridium dan besi raksasa berdiameter 320 meter dan berat 200 juta ton. Bola logam tersebut akan jatuh ke Samudera Atlantik dan menghasilkan tsunami raksasa. Selain gelombang laut yang akan meghancurkan wilayah pinggiran pantai, peristiwa tersebut juga menghasilkan gumpalan debu yang bisa menyebabkan kegelapan di seluruh dunia.

Temuan Marquardt termuat dalam laporan proyek penelitiannya yang diberi judul “Apophis-Asteroid Pembunuh.” lapran tersebut merupakan bagian dari keikutsertaannya dalam kompetisi sains tingkat regional.

SOURCE :
http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/04/16/1335594/anak.usia.13.tahun.koreksi.hitungan.nasa


10 Responses to “Anak usia 13 Tahun Koreksi Hitungan NASA”


  1. Senin, Mei 19, 2008 pukul 1:21 am

    salam kenal om…
    waduh.. sades bener ya ni anak…
    genius banget… mpe nasa pun ngakuin…
    ini bukti klo sepandai2nya tupai melompat pasti akan jatuh juga
    ^^

  2. Selasa, Mei 20, 2008 pukul 10:54 pm

    iya saya aja sampe kalah T_T
    Umur boleh muda tapi Otak nya
    wedeh…., salut dah buat tuh anak😀

  3. Rabu, Mei 21, 2008 pukul 5:19 pm

    wow gile 13 taon dah pinter gitu..–a

    BTW mas anggota indoforum ya ??

    saiiya juga😀

  4. 4 effendi
    Sabtu, Mei 24, 2008 pukul 9:44 pm

    ah yang bener aq gak percaya, kemungkinan selalu ada bohongnya.

  5. Rabu, Mei 28, 2008 pukul 5:47 pm

    hehehe mas itu ga punnya shout box yya ??..
    bole tuker link ga ??

  6. Minggu, Juni 1, 2008 pukul 4:57 pm

    heheheheh iya mang ga punya
    boleh² aja kok tuker link😀

  7. Kamis, Juni 26, 2008 pukul 2:35 am

    /me juga liat diberita, gila juga yah tuh anak…. salut bgt…heheh

  8. Kamis, Juni 26, 2008 pukul 6:59 pm

    iya /me juga salut ma ntu anak
    heheheh….
    umur ga jadi jaminan pi otak sama kemauan yang jadi jaminan

  9. Jumat, Juli 4, 2008 pukul 4:52 am

    but… ga’ menutup kemungkinan kalo perhitungan NASA bener but dimanipulasi biar dunia ga’ gempar mendengar_Nye, jadi nol_Nye ditambain 2…secara NASA ghitu loch, yang memiliki peralatan canggih N tentu_Nye satelit diluar angkasa…
    wakakakaka… becanda doang bosss alias asal2xan…hehehe

  10. Jumat, Juli 4, 2008 pukul 6:26 pm

    wkakakkakakaka dasar cwe nakal
    wkakakakkakakakak………..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: